Rabu, 20 Juli 2011

Lindungi wanita

Bila timnas Paraguay menjuarai Copa America 2011, model Larissa Riquleme sudah berjanji akan berlari sambil telanjang di pusat kota Asuncian, Paraguay. Tetapi bukan hanya Larissa yang punya nazar seperti itu. Ada Diosa Canales yang siap berbugil ria jika venezuela menjadi kampiun Copa America 2011.... cuplikan berita diambil dari Jawa Pos, 20 Juli 2011.
Apa yang ada di benak Anda? Apakah siap-siap terbang ke Paraguay atau Venezula? Ataukah hukum di sana melarangnya?
Apakah nurani sudah mati? 
Manusia, tulis Cak Nur, dianugerahi nurani yang mampu membedakan sesuatu benar atau tidak. Hadits Nabi: "Tanyakan hatimu. walau sudah banyak fatwa." Hadits lain: Sesuatu yang menjadikan malu jika dilihat orang lain, itulah dosa.
Selain nurani yang disitilahkan sebagai fitrah kholqiyah, untuk kedamaian hidup manusia Tuhan menurunkan agama yang juga disebut fitrah munazzalah. Selain itu, karena manusia bisa salah, maka kita juga harus memenuhi perjanjian-perjanjian di antara manusia dengan mematuhi hukum-hukum. Kalau disepakati bahwa lampu merah itu harus berhenti, maka harus dipatuhi. Walau kelihatan remeh, sebenarnya hal ini adalah juga wujud patuh kita kepada Tuhan.
Sehingga kalau nazar kedua cewek di atas dipenuhi,  ke mana gerangan nurani, agama dan norma-norma itu?
Di suku paling primitif saja, ada instink untuk tidak berbugil ria..
Pemuda Muhammad sedih ketika wanita jadi komoditi di Mekkah layaknya barang.  Saat beliau khotbah di Haji Wada' (haji perpisahan), beliau menekankan diantaranya hak-hak wanita. Dan di saat menjelang wafat mengatakan untuk melindungi wanita.
Mungkin dengan menjadikan wanita sederajat. Memberi kesempatan berkarya di segala bidang. Dan jangan remehkan pekerjaan rumah tangga. mengantar keluarga ke tempat mulia. Wanita berperan aktif sebagai subyek, bukan obyek. Komoditas walau dalam bentuk yang lain.  Dan kita berharap nazar mereka tidak jadi nyata....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar