Jumat, 16 September 2011

Air dan Berlian

Air adalah unsur sangat penting dalam kehidupan. Di dalam tubuh kita, hampir semuanya mengandung unsur air. Manusia yang mencoba mencari tempat hidup selain planet ini, pertanyaan pertamanya adalah adakah air di sana? Dst.  Tetapi mengapa air lebih tak berharga dibandingkan dengan berlian, benda yang kurang penting atau hampir tak bernilai bagi kehidupan?
Paradoks ini telah diperbincangkan oleh ahli-ahli ekonomi sejak dulu. David Ricardo menjelaskan lewat biaya produksi (utamnaya pada faktor tenaga kerja) berlian yang lebih mahal, sehingga harga jualpun menjadi tinggi. Kemudian diperkuat oleh  kaum marginalis dengan argumennya, yaitu karena air relatif banyak, menggunakan setengah liter air tambahan (cateris paribus) secara relatif memiliki nilai yang rendah bagi masyarakat.
Datang juga Alfred Marshall (1842-1924) melengkapi keduanya. Ekonom Inggris yang ahli matematika ini menunjukkan bahwa permintaan dan penawaran secara simultan beroperasi menetapkan harga. Harga mencerminkan evaluasi marginal yang diberikan oleh mereka yang memerlukan barang (demand) dan biaya marginal (supply) dalam memproduksi barang tersebut.
Air memiliki harga yang rendah, karena air memiliki nilai marginal yang rendah dan biaya produksi marginal yang rendah pula. Sebaliknya, berlian memiliki harga tinggi, karena memiliki nilai marginal yang tinggi (karena relatif langka) dan biaya produksi marginal yang tinggi pula. (suparman-jurnal, 2007)
******
Bagaiamanapun, berlian tidak akan menjadi mahal jika tidak ada yang menginginkannya. Dengan kata lain berlian menjadi berharga karena “dikondisikan” oleh manusia. Di sisi lain, air tetaplah air, yang bernilai tinggi (nature) walau harganya tidak mahal. Meski dengan semakin bertambah “kedewasaan”  dan kondisi alam saat ini, air akan semakin dihargai.
Air adalah kebutuhan, berlian adalah keinginan. Keinginan lebih dekat kepada nafsu, prestige, kesia-siaan, kekurang empatian dll.
Kehidupan air adalah kehidupan yang ihlas. Maka, Tuhan, jadikan kami air, tidak usah berlian. Karena air, terus bermakna walau tidak berharga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar