Minggu, 29 Mei 2011

Cantiknya J-Lo

Baru-baru ini majalah PEOPLE telah menobatkan Jennifer Lopez sebagai wanita tercantik sejagat. Ternyata kriteria tercantik tak seharusnya masih lajang. Seorang ibupun masih bisa terlihat cantik. Namun lebih penting lagi ungkapan yang dilontarkan J-Lo: "saya merasa nyaman saat baru bangun tidur. sebelum ada make up, dandanan, busana, dan aksesoris lainnya." Nah ini yang cantik. Kejujuran. Selanjutnya ia bertutur: "kecantikan hakiki adalah kecantikan hati". Wah jadi ingat Jalaluddin Rumi, sufi terkenal yang pernah mengatakan hal yang sama.
Memang ada kecantikan ragawi?
Pertama, Tuhan ndak mungkin menciptakan bentuk fisik, warna kulit yang sama. Manusia dibiarkan berbangsa-bangsa agar saling mengenal. Kedua, hukum relativitas. Einstein bilang, waktu saja bisa mulur mungkret, bisa relatif, apalagi persepsi tentang kecantikan. Apakah cantik itu seperti monalisa?? Apakah cantik itu harus hidung mancung, bibir tipis dll.seperti dalang menceritakan tentang srikandi? Siapa orang pertama yang menjustifikasi? Apakah yang anda anggap cantik, masih kelihatan begitu kalau dia jahat? Apakah koruptor masih terlihat cantik (atau ganteng), walau asetnya bermilyar-triliun? Apa yang akan anda katakan melihat fisik renta mahatma gandhi atau bunda theresa? atau Gus Dur yang KKN, Kanan Kiri Nuntun? (he.. ini joke dari beliau)
Kalau anda tidak PeDe dan wajib berdandan tiap ketemu orang, atau harus operasi plastik berjuta-juta sedang tetangga Anda masih kelaparan.. anda harus ke psikiater.
Satu lagi dari seorang bintang reality show terkenal, KIM KARDASHIAN: "berdandan itu menyenangkan. Tetapi itu cuma aksesoris. saya BAHAGIA menjadi diri saya SEPERTI ADANYA.
So, lebih utama inner beauty....... Kecantikan yang terpancar dari hati dan terwujud pada budi mulia, lebih abadi..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar